Pages

Kamis, 15 Januari 2015

Gowes ke Wisata Alam Kalibiru, Suwegerrrrrr…!!!

 Foto 1. Pemandangan di Kalibiru

Wisata Alam Kalibiru terletak di Desa Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, DIY. Wisata ini dinamakan Wisata Alam karena yang “dijual” adalah Keindahan Alam berupa pemandangan Bukit dan Lembah Menoreh dilihat dari Ketinggian.

Gowes Kali ini mengambil rute dimulai dari Pusat Kota Pengasih lalu Clereng dilanjutkan ke Desa Sendangsari, Dusun Gegunung lanjut ke Dusun Pereng dan Dusun Girinyono menuju Desa Hargowilis (mohon koreksi jika salah). Sebenarnya ada rute lain yaitu Lewat Kota Wates lanjut ke Waduk Sermo dan menuju Lokasi Desa Hargowilis.

Wokey sebelum berangkat tentu persiapan harus matang. Pertama, Cek Kondisi dan Kelengkapan Sepeda; meliputi kondisi dan tekanan angin ban, Fungsi Pengereman, Rantai, Fungsi Tuas Pemindah Rantai (jika ada); diperlukan kondisi sepeda yang prima karena medan yang ditempuh lumayan berat; kondisi jalan aspal mulus namun saat berangkat nanjaknya nendang… dan waktu kembali turunannya macam roller coster… wushhhh…Kedua, Air Mineral fungsinya ndak perlu dijelaskan lagi ya...; Ketiga, Dompet nah tentu yang ada isinya uang dan Identitas Diri hihi…; Keempat, Kamera buat narsis Broo…, ini penting untuk mengabadikan momen dan pemandangan yang sangat indah waktu perjalanan maupun di lokasi.

Langsung Lets Go… Jam menunjukkan pukul 8:00 dari SMK N 2 Pengasih menuju utara mengikuti jalan kecamatan lanjut Jembatan Dayaan, ada pertigaan Lampu Merah Dayaan ambil kanan melewati SMK N 1 Pengasih lurus menjuju Kantor Kecamatan Pengasih. Dari Kecamatan Pengasih ambil jalur ke arah pemandian Clereng lanjut melewati jembatan Clereng dan pelan-pelan di sisi kiri jalan ada jalan masuk. Di pertigaan tersebut terdapat papan penunjuk arah Wisata Alam Kali Buru 5 Km. Wissss… 5 Km Kecuk gaweku dalam hati (artinya kurang lebih begini “Kecil Buatku” terjemahan dari bahasa Palembang) namun jangan anggap remeh 5 Km jalan datar si kecil namun ini nanjak brooo… hehe… Semangat!!!. Mulai masuk jalan pedesaan ini lah lokasi dusun Gegunung berada. Jangan khawatir nyasar karena terdapat papan penunjuk jalan kearah lokasi Wisata. Intinya jika ada persimpangan namun tidak ada penunjuk jalannya maka yang di ambil adalah jalan besar (jalan utama). Kalapun masi bingung tanya deh warga sekitar hehe…

Selama melewati dusun Gegunung disuguhi pemandangan Sawah yang terhampar luas, petani yang sedang bersawah, aktifitas masyarakat yang hilir mudik mengantar anak sekolah, belanja dan sebagainya. Namun yang tak kalah menarik adalah Jembatan kecil yang di bawahnya terdapat air yang menggerojok deras. Terbesit dalam pikiran bahwa bias nih dibuat mikrohidro, weits jangan keluar jalur hehe... masalah mikrohidro lain kali aja deh hehe…
 Foto 2. Gerojogan Sungai

Melewati lapangan disinilah jalur yang penuh tantangan dimulai alias Nanjak terus bro Sekarang kita berada di Dusun Pereng. Hosh… Hosh… Hosh… gak kuat gowes terpaksa deh sepeda di tuntun dan berubah judul jadi Hacking nuntun sepeda haha… Keringat bercucuran, nafas ngosh ngosan, kaki hayuk langkah terus… Lelah penat terasa terobati dengan sapaan dari warga sekitar yang ramah, pemandangan alam yang istimewa, di liputi udara sejuk luar biasa, gemericik air sungai menambah suasana damai selama perjalanan. Masuk wilayah Dusun Girinyono Pohon pinus menggelayut di sepanjang jalan, semak belukar menghampar menambah hijaunya suasana, udara sejuk tak terkira nikmatnya hemmmm… damai, alangkah indahnya negeri ini.
Foto 3. Longsor di Sisi Tanggul Jalan

Sepanjang jalan menanjak ini adalah jalan aspal yang masih terawat baik. Mikir dalam hati, di lewatin aja ngos ngosan apalagi mbuatnya gimana atuh… Walapun kondisi aspal mulus namun hati-hati karena terdapat tanggul sisi jalan yang longsor dan belum diperbaiki hanya diberi “safety line” aja. So waspada ya!
Foto 4. Cek Point 1 Sebelum Memasuki Wisata Alam Kalibiru

Setelah hampir 1 jam gowes dan hiking tibalah di Cek Point 1, ngaso dulu kang… hosh hosh.. seka keringat ilangin dahaga dan melepas lelah sejenak sambil narsis. Cek Point 1 ini di buat sendiri kira-kira semampu fisik aja gitu, tepatnya di gerbang masuk desa wisata , nah liat ajah potonya. Tempatnya teduh, pas sebelum melewati jembatan, untuk menghubungkan jalan yang terbelah sungai kecil. Terdengan gemericik air yang begitu nyaring, menghilangkan lelah letih yang mendera… damai… piss.

Wokey istirahat cukup siapkan fisik dan mental karena jalan kali ini nanjaknya istimewaaa full kuras fisik Lets go hiking lagi… Selangkah demi selangkah ku susuri terjal ini, berat terasa namun tujuan harus tergapai, keringat bercucuran - peluh berjatuhan tak ku hiraukan, dera nafas yang berat tak ku rasa lagi… loh loh kumat cinnn… Bagi Anda yang ingin mengunjungi tempat ini bisa juga menggunakan mobil atau motor, namun dibutuhkan skill dan ketrampilan mengemudi tentunya. Jalan berkelok bak Irung Pertuk yang akan dilalui hehe… Kurang lebih 20 menit hiking akhirnya sampai di cek pont 2 yaitu lokasi parkiran wisata alam Kalibiru. Tersedia beberapa pos parkir yang luas, nyaman (beratap), dan aman karena lokasinya di depan halaman rumah warga. Sejenak melepas lelah, narsis, melepas dahaga dan jangan senang dulu, karena lokasi sebenarnya masih nanjak lagi broo hehe… Sekedar info di Wisata Alam ini terdapat fasilitas penginapan dan ruang pertemuan/ rapat/ perkumpulan yang lengkap jadi jangan khawatir bro…
Foto 5. Cek Poin 2 Lokasi Parkiran Desa Wisata Kalibiru

Parkir sepeda cukup Rp. 2000 lanjutkan naik naik ke puncak gunung menuju lokasi point of view, titik puncak pemandangan. Anda diwajibkan untuk membayar bea retribusi masuk objek wisata sebesar Rp. 5000. Kesan pertama masuk lokasi adalah bersih. Masyarakat sekitar pengelola objek wisata benar-benar menjaga kebersihan, tempat sampah 3 jenis disediakan di sudut-sidut jalan. Bagi yang belum sarapan atau lapar pengelola juga menyediakan warung makanan yang tersebar di beberapa titik. So enjoy it.
Foto 6. Pemandangan Waduk Sermo dari Puncak Kalibiru

Lelah letih selama perjalanan terbayar lunas saat mencapai lokasi puncak pemandangan, Subhanallah indahnya bukit menoreh dan Waduk Sermo dilihat dari atas. Terpaan angin sejuk, segar dan dingin menghapus sejenak risau, gundah dan galau hehe… Di puncak ini tersedia wahana yang menarik antara lain flying fox, Susur Jembatan Tali, dan Foto di Puncak pohon. Jika sobat sekalian ingin menikmati semua fasilitas ini tenang ada pemanduya kok, Insyaalah aman karena pemandu/ operator menyediakan safety harnes untuk semua kegiatan tersebut. Jadi jangan coba-coba melakukan tanpa didampingi ahli hehe… untuk info dan reservasi monggo bisa menghubungi Dadi (085292041201) dan Jono (081392947249)
 Foto 7. Bea Tiket Masuk dan Contact Person Pengelola

Setelah cukup dan pusa menikmati keindahan alam it’s time to go home. Balik rumah coy… inilah saat saat yang paling di tunggu dan menguji nyali yaitu Down hill hehe… Dari Cek Point 2 melewati Cek Point 1 sampai Lapangan Dusun Gegunung sebagian besar adalah turunan jadi siapkan rem yang pakem ya… Bismilah wush… tlunyur tlisirrrrr tanpa perlu di kayuh sepeda meluncur deras membelah jalanan aspal… wush… sejuk segar udara tersa nikmat menerpa badan ini. Konsentrasi penuh wajib dipegang jangan sampai goyah… was… wis… wus… wesssss… loh kok udah sampai lapangan Dusun Gegunung yaaa habis deh turunanya. Tak terasa bro yang tadinya nanjak +- 1,5 jam habis di turuni dalam waktu gak sampai +- 20 menit, hehe ya iya lah namanya juga turunan… Istimewaaaa tenan, mak nyus kalo kata Pak Bondan.
 Foto 8. Perjalanan Gowes Membelah Hutan Pinus

Ahamdulilah, pulang selamat sampai rumah dan berakhir juga gowes kali ini. Jika pembaca tertarik untuk berkunjung ke Wisata Alam utamakan safety riding ya… Ok sekian dulu cerita gowes ke Kalibiru ada kritik, saran da koreksi mohon di sampaikan. Sampai jumpa di kesempatan yang lain. Salam iw_project!





0 komentar:

Copyright © 2014 iw_project. All Rights Reserved. Template by CB Blogger. Powered by Blogger.