Pages

Senin, 06 April 2015

Eksotisme Jembatan Bantar I (Pertama)



Foto 1. Jembatan Bantar Difoto dari Sisi Bantul (Timur)


Jembatan bantar atau yang umum dikenal Jembatan Progo (karena membentang di atas Sungai Progo) merupakan akses utama penghubung Jalur Selatan. Jembatan tersebut menghubungkan Jalan Provinsi Kulon Progo (Yogyakarta sisi barat) dengan Bantul (Yogyakarta sisi timur). Sejak tahun 2007 Jembatan Bantar berjumlah 3 buah. Jembatan Bantar I (Peninggalan Kolonial Belanda dibangun pada tahun 1932), Jembatan Bantar II (Bangunan Era Presiden Soeharto dengan cirikhas konstruksi besi baja profil H) dan Jembatan Bantar III (Jembatan Bantar Terbaru dengan cirikhas konstruksi era modern yaitu beton bertulang).
Nah yang menarik perhatian adalah Jembatan Bantar I, konstruksi jembatan bantar ini termasuk dalam kategori jembatan gantung/ suspension bridge.
Jembatan tersebut terdiri atas bentangan baja yang bertumpu pada 2 tiang beton bertulang yang ditanam di kedua sisi tepi sungai. Jembatan bantar I ini memiliki panjang 176 meter (48m - 80m - 48m) dengan lebar 5 meter dan ketinggian dari aliran sungai progo sekitar 25 meter.


Foto 2. Rumput Tumbuh Liar Di Sisi Mulut Jembatan


Saying seribu sayang walaupun bangunan ini termasuk dalam cagar budaya namun kondisinya sangat memperihatinkan. Dimana kayu landasan yang digunakan untuk jalan sudah ada beberapa titik yang sudah keropos sehingga aspal yang menutupinya amblas, menimbulkan lubang menganga yang membahayakan bagi pengunjung. Beberapa sisi cat pelapis sudah mengelupas sehingga timbul karat. Akibat jarang dilewati dan dirawat sehingga rumput tumbuh liar diseputar mulut jembatan. 


Foto 3. Salah Satu Tiang Bentang Utama


Semoga bangunan ini mendapat perhatian khusus dari pihak pihak yang berkepentingan mengingat bangunan ini selain sebagai saksi bisu sejarah perjuangan rakyat pribumi melawan penjajahan Belanda juga dimanfaatkan sebagai pembelajaran ataupun penelitian bidang ilmu teknis seperti rancang bangun, mekanika, ilmu bahan, pelapisan, pengukuran dll serta untuk sarana olahraga repling/ susur tali.

Salam IW_Project!



0 komentar:

Copyright © 2014 iw_project. All Rights Reserved. Template by CB Blogger. Powered by Blogger.