Pages

Senin, 07 September 2015

"punkmelanq.blogspot.com" Berganti "punkmelanq.blogspot.co.id"


Foto "punkmelanq.blogspot.com" Berganti "punkmelanq.blogspot.co.id"


Yup, sesuai judul diatas ada perubahan alamat Blogspot telah berganti alamat URL, dari semula ".com" menjadi nama domain Indonesia, "co.id". Seperti yang dikutip dari laman kompas.com Google mulai mengganti alamat URL situs blog Blogger atau yang lebih dikenal dengan nama Blogspot untuk pengguna di Indonesia. Blogspot telah berganti alamat URL, dari semula ".com" menjadi nama domain Indonesia, "co.id".
Benar saja saat IW_Project mencoba membuka punkmelanq.blogspot.com hari Minggu, 6/9/2015
alamat tersebut ter-redirect ke punkmelanq.blogspot.co.id. Namun tidak ada kekhawatiran karena, hanya nama URL-nya saja yang berubah. Konten dan bahasa dalam situs tetap sama.



Seperti yang diinfokan dari kompas.com perubahan ini sebenarnya sudah dilakukan Google sejak tahun 2013 lalu di sejumlah negara. Indonesia baru kebagian belakangan. Menurut halaman Support Google, perubahan itu sejalan dengan visi Google dalam mendukung kebebasan berpendapat dan aturan mengenai konten-konten kontroversial. "Jika kami menerima permintaan untuk menghapus konten yang melanggar hukum, maka konten tersebut tidak akna tersedia bagi pembaca di domain lokal dimana hukum tersebut berlaku," demikian tulis Google. Dengan demikian, jika terdapat konten blog yang dinilai melanggar hukum di Indonesia, dan pemerintah meminta Google untuk menghapusnya, maka konten tersebut tidak bisa diakses oleh pengguna di Indonesia. Namun demikian, pengakses Blogspot dari domain negara lain masih tetap bisa mengaksesnya.

Namun, Google mengatakan perubahan tersebut bisa jadi berimbas kepada SEO (search engine optimizer) terhadap blog tersebut. "Mesin pencari akan menganggap versi blogspot.com dari blog Anda sebagai blog yang resmi," demikian tulis Google.



Nah-nah IW_Project masih awam nih mengenai hal ini. Namun untuk saat ini tidak dirasakan hal-hal yang merugikan jadi ya ikuti saja, lha wong gratisan hehe… terimakasih sudah mempir ke IW_Project, tetep dikunjungi ya warungnya biar ramai sukur-sukur sudi memberikan ada saran untuk kebaikan. Semoga bermanfaat. Salam IW_Project! 

Referensi:
http://tekno.kompas.com/read/2015/09/04/17180997/Google.Paksa.Blogspot.ke.co.id


0 komentar:

Copyright © 2014 iw_project. All Rights Reserved. Template by CB Blogger. Powered by Blogger.