Pages

Sabtu, 17 Januari 2015

Install Sinau Aksara Jawa di Laptop/ PC


Gambar 1. Screen Shoot Sinau Aksara Jawa (1) (sumber Bondho Nekad, 2013).

Aplikasi Sinau Aksara Jawa adalah aplikasi android untuk belajar bahasa jawa yang sangat interaktif. Sangat cocok untuk belajar mandiri maupun digunakan sebagai media pembelajaran bagi Guru Bahasa jawa untuk menerangkan pelajaran menulis aksara jawa di kelas. Aplikasi ini dilengkapi dengan cara menulis aksara jawa, nada pengucapan, praktik menulis aksara jawa dan kuis, sehingga sangat bagus dipresentasikan di depan kelas. Aplikasi android Sinau Aksara Jawa ini tersedia Gratis di PlayStore, bagi yang berminat monggo silahkan di unduh.

Gambar 2. Screen Shoot Sinau Aksara Jawa (2) (sumber Bondho Nekad, 2013).


Gambar 3. Screen Shoot Sinau Aksara Jawa (3) (sumber Bondho Nekad, 2013).

Gambar 4. Screen Shoot Sinau Aksara Jawa (4) (sumber Bondho Nekad, 2013).

Gambar 5. Screen Shoot Sinau Aksara Jawa (5) (sumber Bondho Nekad, 2013).

Gambar 6. Screen Shoot Sinau Aksara Jawa (6) (sumber Bondho Nekad, 2013).

Lalu bagaimana caranya menginstal aplikasi aksara jawa ke Laptop/ PC agar bias di presentasikan di depan kelas? Nah agar aplikasi ini bias dimainkan di laptop tentu sobat sekalian harus mengistall android emulator. Android Emulator adalah software untuk menjalankan aplikasi berbasis android di laptop/ PC berbasis Windows/ MacOS.  Ada beberapa software diantaranya Bluestack,  Android SDK, YouWave Android, AndroVM, Jar of Beans dan lain lain. Ingin tau lebih lengkap mengenai software-software tersebut silahkan kunjungi link di bawah ini:


Nah yang pernah penulis coba adalah Bluestack, Android SDK dan YouWave Android. Menurut penulis yang paling simple dan mudah penggunaannya yaitu Bluestack so… mari kita install Bluestack. Pertama yang harus disiapkan adalah offline installer Bluestack. Silahkan kunjungi link di bawah ini:


dalam laman tersebut terdapat 3 software yaitu Ginger Bread, Ice Cream Sandwich dan yang terbaru v0.9.4 atau 4.4.2 Kit Kat (195,92 MB). Monggo silahkan di pilih sendiri sesuai selera. Setelat didownlod langsung saja install softwarenya. Instalasi sukses sekarang mainkan sesukamu android di Laptop/ PC hehe... Mengenai aplikasi yang akan di install bisa pula download langsung di bluestack (layaknya mengoperasikan smartphone android) tentu Laptop/ PC harus terkoneksi internet. Bisa juga install secara offline dengan menginstall file aplikasi berformat .apk yang sudah sobat punya dan di simpan di komputer. Khusus untuk Belajar Aksara Jawa.apk penulis sudah sediakan silahkan download dengan klik link di bawah ini:


Cara install-nya cukup double click pada file.apk dan aplikasi menginstall tunggu sampai selesai, finish dan mainkan aksimu. Mudah bukan???. Bagi sobat yang kesulitan mendapatkan file aplikasi android dengan format .apk lainnya di internet silahkan kunjungi web berikut dan semoga mendapat pencerahan hehe…


Selamat mencoba, selamat berkarya. Salam kagem sedoyo Bapak/ Ibu Guru Bahasa Jawi ingkang nembe ngasto, suwun. Salam iw_project!

Daftar Pustaka:

Iwepo. (2014). Install Android di Windows PC. Diambil dari http://www.inwepo.co/2013/02/install-android-di-windows-pc.html pada tanggal 17 Januari 2015.
Purba, Jeri. (2014). Cara Menyimpan File Installer Aplikasi Android (.apk). Diambil dari jeripurba.com/4544/cara-menyimpan-file-installer-aplikasi-android-apk/ pada tanggal 17 Januari 2015.
________. (2014) Download Kumpulan Bluestack Installer Offline Emulator Android (Update). Diambil dari http://www.inwepo.co/2014/04/download-kumpulan-bluestacks-offline.html pada tanggal 17 Januari 2015.
Nekad, Bondho. (2013). Sinau Aksara Jawa. Diambil dari



0 komentar:

Copyright © 2014 iw_project. All Rights Reserved. Template by CB Blogger. Powered by Blogger.