Pages

Senin, 19 Januari 2015

Belajar Aksara Jawa dengan Software Hanacaraka v1.0


Gambar 1. Scree Shoot Hanacaraka v1.0

Setelah kemarin membahas cara install aplikasi android sinau bahasa jawa ke laptop/ PC nah sekarang penulis mau share software aksara jawa yang memang diperuntukkan untuk computer/ pc windows. Nama softwarenya adalah HANACARAKA v1.0. Software ini merupakan program pembelajaran aksara Jawa yang telah dibuat pada tahun 2005 untuk Dinas Kebudayaan Propinsi Yogyakarta. Menurut Feriawan (2009) software ini bercopy right namun identitas dan disclaimer software ini tidak terlalu lengkap sehingga menyulitkan saya sendiri untuk mengukur apakah software ini bersifat freeware ataukah commercial.

Gambar 2. Tampilan Menu Utama

Fitur yang tersedia dalam software ini meliputi:

1.    Konversi aksara

Gambar 3. Screen Shoot Konversi Aksara Latin – Jawa

Tersedia 2 arah konversi yaitu Konversi Jawa – Latin dan Konversi Latin – Jawa. Konversi Latin – Jawa cukup memasukkan file teks bertipe .txt dari komputer Anda atau ketik sendiri di kolom yang sudah disediakan untuk langsung dikonversi menjadi Aksara Jawa. 

 Gambar 4. Screen Shoot Konversi Jawa – Latin

Sedangkan Konversi Jawa – Latin tidak tersedia mencari file aksara jawa bertipe .txt. Namun langsung tulis melalui keyboard huruf latinnya maka otomatis aksara jawa sudah terbentuk sendiri, mantap sekali…

2.    Pengenalan Aksara

Menu pengenalan aksara ini membantu Anda dalam mengingat dan mengenal aksara Jawa. Interaksi pengguna yang ditampilkan dalam bentuk seperti kalkulator memungkinkan Anda dapat belajar aksara secara cepat dan tepat.
Gambar 5. Screen Shoot Pengenalan Aksara

    • Aksara Carakan Merupakan 20 aksara pokok yang bersifat silabik (kesukukataan) yang digunakan di dalam ejaan bahasa Jawa.
    • Aksara Swara Yaitu lima buah aksara yang digunakan untuk menuliskan aksara vokal yang menjadi suku kata, terutama yang berasal dari bahasa asing, untuk mempertegas pelafalannya.
    • Angka Jawa Merupakan menu untuk menulis angka-angka dalam aksara Jawa
    • Aksara Murda Aksara murda dipakai untuk menuliskan nama gelar dan nama diri, nama geografi, nama lembaga pemerintahan, dan nama lembagaberbadan hukum.
    • Sandangan Merupakan tanda diakritik yang dipakai sebagai pengubah bunyi di dalam tulisan Jawa. Di dalam tulisan Jawa aksara yang tidak mendapat sandangan diucapkan sebagai gabungan antara konsonan dan vokal a.
    • Pasangan Aksara Pasangan merupakan aksara yang berfungsi untuk menghubungkan suku kata tertutup konsonan dengan suku kata berikutnya kecuali suku kata yang tertutup wignyan, layar, dan cecak.
    3.    Soal-soal latian

    Menu Soal Latihan ini membantu Anda untuk mengingat aksara Jawa. Terdapat tiga tingkatan keahlian yaitu: Pemula, Menengah, dan Lanjut. Pilihan ini disesuaikan dengan kemampuan Anda. Banyaknya soal dan lama pengerjaan dapat dikonfigurasi pada menu 'Konfigurasi' pada tampilan utama program. Dalam latian soal ini terdapat batas waktu mengerjakan sehingga setelah waktu habis langsung mengkoreksi dan memunculkan nilai anda... super mas broo…!



    Dalam start menu software ini juga terdapat tata cara penulisan aksara jawa yang benar bisa dilihat di e-book pedoman penulisan aksara jawa berdasarkan kongres bahasa jawa 1996. E-book hasil scan jadi agak blawur-blawur sedikit hehe… tapi masi bisa dibaca kok… Judulnya Pedoman Penulisan Aksara Jawa, Penerbit Yayasan Pustaka Nusatama.



    Nah untuk mendownload software ini penulis share link milik tetangga sebelah monggo silhkan di pilih mana yang disukai:








    Selain Hanacaraka v0.1 terdapat software lainnya yang juga menarik yaitu Carakan. Apa itu Carakan monggo kunjungi blog berikut:






    Daftar Pustaka:



    Hartono, Toni Seno.  (2010). Hanacaraka – Aksara Jawa di Windows 7 . Diakses dari http://tonyseno.blogspot.com/2010/06/hanacaraka-aksara-jawa-di-windows-7.html pada tanggal 19 Januari 2015.



    Feriawan. (2009). Perbandingan Software Penulisan Aksara Jawa, antara Carakan dan Hanacaraka, Silahkan Download jika Tertarik. Diakses dari https://feriawan.wordpress.com/2009/03/12/perbandingan-software-penulisan-aksara-jawa-antara-carakan-dan-hanacaraka-silahkan-download-jika-tertarik/ pada tanggal 19 Januari 2015.



    Cahyo, Felix Djupha Dwi. (2012). Download Aplikasi HANACARAKA v.1.0 belajar menulis dan membaca AKSARA JAWA. Diakses dari http://jupa-haphap.blogspot.com/2012/11/aplikasi-hanacaraka-v10-belajar-menulis.html pada tanggal 19 Januari 2015.


    0 komentar:

    Copyright © 2014 iw_project. All Rights Reserved. Template by CB Blogger. Powered by Blogger.