Pages

Kamis, 09 April 2015

Pantai Falajawa (Ternate), Siang dan Malam Sama Indahnya!


Foto 1. Pantai Falajawa Siang Hari



Pantai Falajawa (Ternate), Siang dan Malam Sama Indahnya!
Sharing kali ini masih seputar file-file lawas yang mulai menjamur di hardisc, daripada apalah-apalah coba iw_project sajikan pada pembaca dan pemirsa yang budiman sekalian. Monggo disimak dengan seksama sebelum jatuh tempo…


 

Foto 2. Bandara Sultan Babullah Lama (Atas) dan Baru (Bawah)


Ternate - Maluku, kota lama yang sudah menggaung namanya sejak Zaman Penjajahan Portugis. Termasyur akan hasil rempah-rempahnya yang melimpah, tujuan expansi negara-negara barat yang mengincar hasil buminya tersebut. Kota kecil ini terletak persis di bawah kaki Gunung Gamalama yang masih aktif. Gunung berapi yang memepesonan namun menyimpan segudang potensi bahaya. Salah satu efek terkecil adalah ditutupnya bandara Sultan Babullah Ternate untuk penerbangan apabila gunung ini meletus. Abu yang dimuntahkan sangat menggangu navigasi dan peralatan pesawat.

 

Foto 3. Gunung Gamalama dari Pantai Falajawa


Selain iconic Ternate adalah Gunung Gamalama masih banyak sekali objek wisata seperti wisata budaya – sejarah Kesultanan Ternate, monument peninggalan Penjajah, pantai-pantai dan tentunya kuliner. Salah satu pantai yang menarik yaitu Pantai Falajawa.



Foto 4. Pantai Falajawa Malam Hari
 
Pantai Falajawa merupakan salah satu pantai yang membetengi kota ini dengan lautan lepas. Tidak ada pasir yang menjulur dari bibir pantai namun sudah dipancang oleh beton pencegah abrasi. Ombak yang tenang mnggoyangkan Yacth, perahu-perahu kecil yang sedang berlabuh. Bergoyang ke kanan-kekiri sungguh asiknya, layaknya goyang poco-poco yang kalem namun syarat makna. Siang hari kita dapat melihat birunya langit dan luasnya laut lepas serta denyut perekonomian di sekitar pantai karena tidak jauh dengan Pasar, Ruko dan Mall Jatiland serta kadang latihan SAR. Tak kalah dengan siang, malam harinya kerlap kerlip lampu mengias sepanjang taman di bibir pantai. Redup kemuning cahaya lampu kota menaungi gelapnya malam, menambah romantisme malam yang sepoi-sepoi oleh angin daratan. Tua – muda, anak-anak – dewasa, laki-laki perempuan berbaur memenuhi sepanjang taman di bibir pantai. Keluarga asyik berkumpul ria, anak-anak bermain manja, remaja-remaja bercengkrama dengan rekan rekannya. Sungguh keakraban alam dengan manusia yang tak kenal lelah. Di sekitar pantai terutama malam hari terdapat pedagang dari asongan, kali-lima, warung-warung, hingga restoran-cafe bertaburan melengkapi indahnya  keceriaan selepas rutinitas. Jajanan dari sekedar jagung bakar, kacang rebus, bakso-mie ayam, sate hingga sea food lengkap disajikan untuk memanjakan pengunjung yang sedang asik menikmati keindahan pantai Falajawa.
 

Foto 5. Mall Jatiland (Atas) dan Warung-warung di Pinggir Pantai Falajawa


Satu yang mengasikkan adalah Ternate juga kota dengan seribu angkot, jadi tidak usah khawatir jika ingin bermobilitas dari siang hingga malam, cukup stop angkot, utarakan tujuan dan kita akan diantar sampai tujuan. Angkot nomor berapa atau jalur mana? Itulah yang tidak jelas, yang ada hanya bersadar warna angkotnya. Mungkin karena lingkup kota yang kecil jadi angkotnya tidak se-kompleks di kota-kota besar lain, Waktu itu 2014 sekali naik cukup Rp 4000 saja diantar sampai tujuan. Angkot masuk ke gang-gang kecil ke pemukiman warga pun dilayani pokoknya by request aja hehe… dan yang aduhai adalah angkot ini full music, semakin keras musiknya berarti semakin bagus angkotnya. Tidak ada kursi “dingklik” memanjang di sisi kanan dan kirinya, yang ada kursi mobil biasa dan di kolongnya semua berisi speaker besar-besar, Jedag… jeduh… jedang… jedug, apalagi jika malam hari dalam angkot menjadi seperti ruang disko, lampu kerlap kerlip – warna warni mengikuti alunan musik… Ajeb-ajeb pokoknya hehe…
Demikian secuil kisah di Ternate, kenangan indah akan pesona panorama Indonesia Timur memberi warna tersendiri dalam syukur akan nikmat karuniaNya. Kapan kesana lagi? Kapan-kapan… Salam IW_Project.


0 komentar:

Copyright © 2014 iw_project. All Rights Reserved. Template by CB Blogger. Powered by Blogger.